Kamis, 30 Mei 2013

Tutorial Membuat Cover Fanfiction Sederhana

Diposkan oleh Ella Is My Name di 23.40
Reaksi: 
Annyeong…. Kali ini aku akan berbagi tutorial photoshop ala diriku sendiri XD

Awalnya emang rada susah pake photoshop… harus memerlukan kesabaran. Tapi kalo udah terbiasa, apalagi setiap hari mencoba belajarnya... hasilnya akan semakin lebih keren dari yang sebelum sebelumnya. Kuncinya adalah jangan mudah menyerah dan jangan takut untuk mencoba *super sekali pak Mario XD* aku juga gitu kok… udah beberapa kali aku mengikuti lomba membuat cover ff di blog/wordpress/website tapi sampai saat ini belum pernah menang *ada beberapa yang masih dalam tahap penjurian, doain semoga menang :”D* tapi aku tidak patah semangat, aku selalu terus mencoba dan mencoba #apaini. Ohya… tapi kalo lomba edit foto di pesbuk sih udah pernah menang. Maklum penilaian berdasarkan likers u,u kalo yang di blog atau wordpress atau sejenisnya kan berdasarkan penilaian juri yang bener bener jago banget photoshopnya *kok malah jadi curhat*
Okelah… kita mulai aja.

Bahan bahan nya nih ada:
1.program photoshop versi berapapun bisa. Tapi kalo aku pake yang cs3.
2. foto cast ff’nya.



3. texture. Sekarang aku Cuma pake 1 texture aja. Mau buat yang sederhana aja ^^

4. PSD - [download] -
5. inilah adalah yang paling penting yaitu…. Kesabaran

Step:
1.buka photoshop. Kalo udah, klik file>new. Trus isiin ukurannya terserah kamu. Kalo aku width 450 pixels, height 595 pixels. Klik ok.

2. nanti akan mucul layar putih. Sekarang buka foto cast nya. Klik file > open. Pilih deh fotonya > klik open.

3. udah muncul kan fotonya. Sekarang kita ubah deh screen modenya. Biar foto yang tadi kita buka, semuanya keliatan. Klik view > screen mode > standart screen mode.

4. sekarang kita seleksi foto castnya. Kalo aku pake elliptical marquee tool yang simbolnya lingkaran garis putus putus atau tekan M di keybord. Jangan lupa feathernya 50 px. *Biar lebih jelas lihat gambar aja*.


5. sekarang kita drag. Pakai move tool yang gambarnya anak panah hitam itu atau tekan V di keybord. Trus geser foto nya ke kertas putih tadi. Lakukan hal yang sama untuk mindahin foto castnya yang lain. Kalo udah semuanya, foto castnya boleh ditutup. Tapi jangan tutup layar putihnya -_-



6. sekarang kita atur letak letak fotonya. Di geser geser aja. Foto castnya bisa diatur, tekan ctrl+t aja. kalo mau memperbesar atau memperkecil foto seohyun, klik layernya seohyun, kalo mau memperbesar atau memperkecil foto eunhyuk, klik layernya eunhyuk. Trus geser geser kotak kecil di sudut fotonya itu. Dan kalo mau merubah posisi dari hadap kiri menjadi hadap kanan, tekan ctrl+t trus klik kanan>Flip Horizontal.


7. hapus bagian bagian yang tidak perlu. Pake Eraser tool yang simbolnya penghapus. Atau tekan E.aku pake yang ukuran 65 aja ;)
Sama kayak tadi, kalo mau hapus foto seohyun, ya klik layer seohyun dan begitu pula seterusnya ^^



8. sekarang aku mau memberi efek hitam putih gitu ke foto foto castnya. Tekan ctrl+shift+u aja. Sama juga kayak tadi, kalo mau member efeknya di foto eunhyuk ya klik layernya eunhyuk.


9. saatnya mengisi texture. Buka dulu texturenya, sama kayak cara yang tadi klik file>open. Kalo udah, drag langsung fotonya ke cover…  trus layernya letakan paling atas. Jangan lupa pake blending mode jadi multiply. Opacity aku pake 45%. Oiyaaa… jika texture nya merusak atau menghalangi wajahnya, bisa dihapus. Pake brush tool yang berukuran 35,45,65,100 itu aja ya ^^ biar gak kaku hasil hapusannya.  Hmmm…. Aku Cuma make 1 texture aja ne ^^


10. sekarang isiin textnya. Isi  judul, cast, quote apa ajadeh yang kalian perlu ketikkan. Klik horizontal type tool yang simbolnya huruf T atau tekan T. trus arahkan kursornya ke tempat yang kalian mau isikan text. 



11. saatnya mengisi PSD colouring. Buka file PSDnya. Lalu drag deh. Liat gambar biar lebih jelas.



12. selesai.. jangan lupa di save. Klik file > save as > isi namanya > ganti format jadi JPG > save.

Jadi deh kayak gini.

Bagaimana?? Ada yang perlu ditanyakan? Atau ada yg mau member kritik dan saran? Silahkan komentar ^^

Semoga bermanfaat #bow








15 komentar:

lilly Evelyn on 23 Juni 2013 23.26 mengatakan...

klo pake corel draw bisa gak chingu?

Ella Is My Name on 24 Juni 2013 01.50 mengatakan...

sebenernya bisa. tapi akunya yang gak bisa ._.v

Anonim mengatakan...

annyeong chingu, klo pengin dptin foto HD nyarinya dmn? gumawo. ohya, psd coloring bisa dibuat sendiri kan?

Ella Is My Name on 5 Agustus 2013 17.21 mengatakan...

@anonim : aku sih biasanya nyari di google chingu. misalnya aku mau nyari foto SJ yang HD, biasanya aku pake kata kuncinya "Super Junior HD" hehe ^^ iya psd bisa buat sendiri kok ;)

Anonim mengatakan...

huaa, kok aku cri di doogle image minim bgt yg HD-_- ohya chingu, aku mau nanya, klo bikin model tulisan yang kya diatas itu bagaimana ya? kok aku dptnya yg biasa aja-_- makasih ya atas balasannya^^ dan mian juga udah ngerepotin karena bnyk nanya

Ella Is My Name on 7 Agustus 2013 04.36 mengatakan...

@anonim : tergantung keberuntungan emang ._. model tulisan kayak judul cover ffnya itu? kalo itu aku download dulu fontnya di fontspace ^^ Gwaenchanayo.. tidak merepotkan kok :D

Anonim mengatakan...

gumawo bgt ya^^. ohya, sekedar berbagi ilmu sesama penggemar korea dan photoshoper(?) tak apa kan? hehe. menurutku sebaiknya setelah mengklik ctrl+t pada keyboard lebih baik mengklik maintain aspect ratio yg simbolnya lebih mirip kya rantai kecil. dan satu lagi-_- aku suka cover2 buatanmu. jadi, bolehkah aku mendownload smua PSD buatanmu? :)

Ella Is My Name on 8 Agustus 2013 23.17 mengatakan...

@anonim : waa.. oke deh gomawo ilmunya chingu ^^ silahkan :)

teguh choi on 13 September 2013 02.51 mengatakan...

Chingu, kalau mau mindahin gambar seohyun, ke kertas putih caranya ngimana??

Izdihar Addysti on 27 Oktober 2013 16.27 mengatakan...

Makasih banget chingu! Bermanfaat,,,,

Anonim mengatakan...

nama font buat judulnya apa itu chingu?
tolong krisar cover fanfiction nae dong
link => pic.twitter.com/5Gtcy6R4EZ
gomawo ^^

Anonim mengatakan...

nama fontnya apa chingu,mau tau dong.bagus banget fontnya ^^b

Ella Is My Name on 15 Desember 2013 22.44 mengatakan...

@anonim: aku pake Jellyka Saint ;)

Mariska Fahreza on 3 Januari 2014 21.08 mengatakan...

Arigatou, tutorialnya sangat membantu ^^

Rounee Whiiee on 13 April 2014 02.22 mengatakan...

ku doain moga menang ya...?

Poskan Komentar

 

Lallakyu Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei